Selamat Datang Di DUMAY (Dunia Maya). Powered by Blogger.

Monday, March 5, 2012

Jika Wanita Panik saat Mengemudi

Monday, March 5, 2012

Mobil guru TK Tabrak siswanya di Medan

Entah kenapa, dari kronologis yang kita ketahui di berbagai media, mengingatkan mengingatkan kita akan sebuah istilah When Women Drive. Yang mengingtakan kita tentang banyak kecelakaan kendaraan yang dikemudikan oleh seorang wanita.

Berikut beberapa gambar yang pernah tayang di Google.

When Women Drive

When Women Drive

When Women Drive

When Women Drive

When Women Drive

When Women Drive
 
When Women Drive

When Women Drive

When Women Drive

When Women Drive

When Women Drive


Dan masih banyak lagi kalau kita mau googling di internet dengan yang mengkisahkan kecelakaan kendaraan dengan pengemudi seorang wanita. Dan memang beberapa situs yang mengangkat topik tersebut cenderung melecehkan kemampuan wanita dalam berkendara. Tetapi disini kita tidak mempersoalkan masalah gender, karena pada kenyataannya banyak wanita yang mahir dalam mengemudi bahkan ada yang mempunyai profesi sebagai pengemudi bahkan pembalap. Dan tidak jarang juga ada pria yang tidak mahir dalam urusan kemudi ini.

Panik ketika mengemudi sangat berbahaya

Namun memang faktanya, dan juga berdasarkan penelitian, wanita cenderung lebih mudah panik dibanding pria. Kalau kita lihat kronologis kecelakaan dari berita tersebut, jelas unsur kepanikan menambah parah akibat dari kecelakaan yang terjadi. Sepertinya unsur kepanikan itu pulalah yang mengakibatkan kecelakaan mobil yang terjun bebas dari lantai 7 parkiran di salah satu gedung di Jakarta beberapa waktu lalu. Memang unsur keamanan gedung jadi sorotan, tetapi jika diteliti lebih dalam, dari kronologisnya menurut penulis tidak lepas dari unsur kepanikan. Selain itu yang masih hangat di ingatan kita tentang kasus Xenia Maut di Tugu Tani Jakarta pada beberapa waktu lalu yang dikemudikan oleh Afriyani Susanti, 29 tahun juga seorang wanita bahkan dalam kondisi dipengaruhi narkoba. Mungkin disini perlu juga ada ujian khusus untuk pencari SIM wanita. Karena kita tahu Wanita akan lebih mudah panik, tidak hanya ketika sedang mengemudi tapi dalam hal lain juga begitu.

Dan kepanikan di belakang kemudi ini, hampir pasti akan berakibat fatal, baik bagi pengemudi/pengendara sendiri, maupun bagi yang lain. Atau memperparah akibat dari kecelakaan. Terkadang wanita ketika sedang diburu oleh waktu juga banyak yang mengabaikan keamanan dalam mengemudi.

Mengemudi sambil berias

Di Jerman pernah ada penilitian yang menghasilkan sebuah kesimpulan, bahwa wanita punya reputasi buruk dalam perparkiran dibanding pria. Bukankah itu juga yang mendasari kenapa di sebagian besar gedung perparkiran ada tempat khusus wanita ?

Cara Parkir wanita yang aneh

Space khusus unutk pengemudi wanita


Padahal sebenarnya ada yang lebih membutuhkan area khusus misalkan difabel yang butuh space khusus.

SIM D khusus kaum difabel

Motor yang membutuhkan area perkir khusus

Motor yang membutuhkan area perkir khusus

Semoga bisa kita ambil hikmahnya.


0 comments:

Post a Comment

Share

Facebook Twitter Delicious Digg Stumbleupon Favorites More

 

Pengikut

Peta Pengunjung