Selamat Datang Di DUMAY (Dunia Maya). Powered by Blogger.

Tuesday, July 24, 2012

Cara Hack Meter Pra Bayar PLN

Tuesday, July 24, 2012



Semakin maraknya keyword pencarian cara hack meteran listrik digital, jujur membuat kami untuk sedikit menuliskan caranya. Ok kami juga tidak akan bertele - tele tapi langsung to the point aja. Pentingnya. tapi ingat cara ini hanya untuk sebagai pengetahuan saja bukan untuk disalah gunakan, jika anda menyalah gunakan cara ini maka anda sendiri lah yang akan mempertanggung jawabkan, hal yang kami bahas disini hanyalah teorinya saja.
Adapun beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum memulai hack,
  • Meter listrik digital sangat sensitif dengan benturan / getaran / goyangan kasar, jadi berhati hati lah untuk tidak menyentuhnya, karena sekali terbentur atau kena getaran keras maka secara otomatis sensor yang berada didalam meter digital akan membuat meter listrik digital error, jika ini terjadi anda harus melaporkannya kembali ke PLN untuk bisa digunakan kembali (biasanya anda akan dikenai biaya untuk aktivasi meteran tersebut)
  • Fungsi meter listrik digital hanyalah pengembangan dari meter listrik konvensional yang bisa kami kami katakan hanyalah sebuah saklar listrik elektronik yang on off nya di kontrol oleh ada tidaknya nilai voucher yang di input kedalamnya.
  • Karena sifatnya adalah meter listrik prabayar maka akan dipastikan tidak akan lagi ada cater (pencatat meter) yang akan datang ketempat anda, untuk memeriksa penunjukan meter listrik di tempat anda, jadi bisa dikatakan meter listrik tersebut bebas pengawasan kecuali ada masalah dan anda melaporkan ke PLN, baru team PLN akan datang ketempat anda untuk memeriksa.
Okey? sekarang bagaimana cara set nya? perhatikan gambar di bawah



Skema bypass pencurian listrik (sumber gambar)

Nah apa yang dilakukan adalah mem bypass jalur dari sumber listrik yang masuk ke meter listrik digital, (jadi bukan meteran listriknya yang di utak atik).
Nah kenapa sistem diatas bisa kami katakan aman, karena modusnya bisa sangat rapi, kontaktor disimpan diatas plafon jadi tersembunyi, kalo memang ada pemeriksaan pasti akan susah ditemukan kecuali bapak petugas pln mesti naik keatas plafon untuk mengecek. (dia harus manjat ke plafon dulu hehe)
(Kontaktor dapat dibeli di toko listrik. Bilang saja beli kontaktor jenis SK-20. Harganya juga tidak begitu mahal). Keterangan seri SK-XX menunjukkan besarnya kemampuan dalam Ampere. Jadi kalau SK-20 mampu bekerja samapai dengan 20 A (sekitar 9 KVA)
oke? kita mulai
  1. Coba lihat meteran di yang ada di rumah kamu. Kemudian perhatikan kabel dari jalur PLN yang berada diatas plafon. tentukan dimana kamu akan mencuri/menyambung kabel dari jalur PLN sebelum masuk meteran. Sebaiknya posisi penyambungan harus tidak terlihat dari luar (usahakan deh bagaimana bisa tersembunyi kalo mau aman ya diatas plafon).
  2. Sekarang kamu sambung dulu kontaktornya. Penting…!, Matikan MCB di bawah meteran digital sebelum meyambung. Sambung seperti pada gambar di atas. Ingat!…nomor kode kontaktor bisa dilihat dari bodynya, jadi perhatikan bodynya baik-baik. Kemudian sambung ke masing-masing kode tersebut. Lebih baik menyambung ke beban normal dan ke beban curian terlebih dahulu. kemudian baru ke jaringan PLN. (Hati-hati meyambung ke jaringan PLN, karena ada tegangannya. Jika kamu ragu sebaiknya jangan mengerjakan sendiri, suruh ke orang lain yang mampu yang kamu kenal baik, jangan orang dari pln heheh.)
  3. Tempatkan kontaktor pada tempat yang tersembunyi. Rapikan seolah-olah tidak ada sambungan liar. Tutup rapi semua sambungan dengan isolasi dan bungkus dengan pipa pvc untuk menyamarkan.
Jika selesai anda sudah berhasil melakukan hack meteran listrik digital, karena bagaimanapun apabila kondisi vouchernya habis kamu tetap dapat supply listrik dari sumber PLN karena telah melakukan bypass di sumber listrik sebelum masuk ke meteran listrik digital,
okey? cara diatas sekali lagi bukan untuk disalah gunakan tetapi untuk menyadarkan bahwa meter digital bukan solusi untuk mengamankan pencurian listrik atau hacking meter listrik, dengan tulisan ini bisa menyadarkan para petugas pln untuk lebih jeli dalam memeriksa setiap kondisi meter listrik yang terpasang di rumah - rumah.


41 comments:

Anonymous said...

anda lupa, bahwa histori pembelian di PLN akan dilihat bro.

Kustian Rahmanto said...

memang benar ada history...bisa ajah konsumen mencuri untuk peralatan elektroniknya yang baru,,,

Eko Prapto Nugroho said...

Kalau ada yang mempunyai info cara program meter PLN bisa disharing.

Anonymous said...

Kalo kita beli pulsa di dan di masukkan ke meteran kita, apakah PLN tau bahwa meteran tsb diisi pulsa? bagaimana jika meteran itu hanya pajangan saja. karena 100% listrik rumah kita ambil dari Beban Curian. (extreme nya spt itu), apakah PLN akan mengetahui bahwa Meteran tsb tidak pernah diisi pulsa ?

Anonymous said...

tau dong... kan beli pulsa token pln ada diminta nomor id pelanggan nya... hehe... :p

adibyte said...

Nah Bagaimana kalau kita acak pemakaian Listrik.. 1 Bulan pakai Pulsa 1 bulan pakai curian..strusnya kita melakukan random...apakah terlacak.

Eko Prapto Nugroho said...

Kelihatannya usul agan adibyte sangat bagus itu. Heeeee heeee......

Aby tantowi said...

Dulu aku coba trik di atas dan ketahuan karena saya jarang beli tokennya hampir 3 bulan loe (gratisan) tiba-tiba datang petugas pln tanpa izin masuk halaman.ketahuan si peutugas marah dan ingin saya melakukan sidang (takut) jadi ini triknya kamu nyuri listrik dgn cara diatas tetapi 50% dari curian dan 50% lagi dari token gitu jangan sampai 100% dari curian kaya ane karena pln mengecek histori pembelian token

Ocke said...

Sdh pnh ada yg coba ga???

Anonymous said...

sebenernya kalo mau hack sangatlah mudah... yg penting kita tahu kode awal waktu penyetingan listriknya... jadi coba di reset dengan memasukkan kode nya dr awal otomatis pulsa yg sudah pernah kita beli bisa dipakai lagi..
kode yg dimasukkan key change token 1 dll ada 7 kode yg masing2 20 digit.

Eko Prapto Nugroho said...

Sudah banyak pencerahan yang diberikan, semoga bermanfaat unutk percobaan dan selamat mencoba.

deyidi mokoginta said...

mungkin kalau mau nyuri listrik jangan full nyurinya, untuk pemakaian listrik seperti lampu, tv, alat pemanas, pakailah yang dari jalur asli..dan yg melalui jalur curian pakai buat kulkas, mesin cuci, ac...sehingga setiap bulan kita tetap beli token walaupun hanya 20 ribu atau 50 ribu.....oh..ya untuk meter token bagaimana sampai bisa terhubung ke data centernya PLN? apalah ada chip ditanam dalam meter tersebut yang mengirimkan sinyal data, atau melalui jalur kabel listrik?

Anonymous said...

Cara di atas itu adalah cara lama, sebelum adanya meter prabayar orang2 curi dari dulu banyak model begitu, agar kalo ada petugas datang saat test mcb dimatikan beban curian juga ikut mati.
Memang cara di atas bisa dilakukan tp kita jg harus buat jalur baru lagi untuk beban curiannya.

Info :
Meter Prabayar sekarang sudah kebal curian seperti :
di Suntik di fasa, Netral di gunting, dibalik arah arusnya, di suntik arus terbalik pada fasa, buka cover mcb, apalagi buka cover komponen. kalau anda melakukan pencurian dengan metode ini meter akan muncul warna kuning menyala artinya ada pencurian/diganggu sehingga kalo ada petugas lewat pas lihat pasti ketahuan. dan untuk menghilangkannya harus lapor ke PLN.
Meter prabayar sudah dipakai sejak tahun 1993, sudah banyak penyempurnaan, jadi gak segampang kita kira untuk meng hack. karena 20digit no yg kita dpt setiap beli paternya selalu berubah, shg kita dengan komputer cepatpun akan butuh waktu lama, dan kalaupun dapat keynya juga hanya untuk meter tsb, meter lain akan mempunyai kode unik lagi yg lain. probabilitas utk dapat key nya adalah kurang lebih 1/1.000.000.000.000.000.000.000 kemungkinan utk satu meter.
Kebetulan sy jg buat meter begitu. he he he jd tahu.

Anonymous said...

komentar sia sia. tidak muncul

Abdi Tunggal said...

ga bisa bro, didalam tegangan listrik sudah dimodulasi, fungsinya untuk komunikasi data, emangnya validasi key itu darimana? jadi kalau anda bypass meteran listrik pasti langsung ketahuan. lha penggunaan listrik tiap meter itu kan dimonitor di command centernya pakai SCADA.

Eko Prapto Nugroho said...

Banyak pencerahan yang sudah diberikan disini, pada dasarnya kita berdiskusi untuk belajar bersama. Semoga bisa diambil manfaanya buat semuanya...

Eko Prapto Nugroho said...

@Deyidi Mokoginta, saya juga masih bingung sebenarnya dengan metode pengiriman informasi dari meter prabayar sampai ke central PLN. Tapi kalau kita amati di meter prabayar ada tertera gambar signal gprs (kalau ga salah). Kemungkinan besar itu yang dijadikan lalulintas informasi data ke central. Sehingga data pembelian pulsa juga terdeteksi. Seperti halnya kita isikan pulsa hp secara phisik. Atau ada pencerahan yang lainnya. Silahkan di tambahkan.

Ditunggu informasi-informasi berikutnya gan........

Eko Prapto Nugroho said...

Buat agan yang kebetulan buat meter Prabayar (di atas "Anonymous") Kalau tidak salah sistem meter prabayar ini mempergunakan software yang ditanam di chip meter tersebut (prediksi saya pribadi), Dan lalulintas data mempergunakan jaringan GPRS (kalau ga salah). Kalau kita ingat beberapa waktu yang lalu sering provider "Cellular" sering memiliki celah unutk bisa ditembus agar kita bisa mendapat sesuatu yang gratis (ENTAH BAGAIMANA CARANYA). Karena sering terjadi kita bisa internetan gratis atau telp n sms gratis. Nach disini siapa tahu kita bisa mempergunakan listrik secara lebih murah biayanya. Karena dalam komentar di atas diakatakan kalau cara konvensional sudah tidak memungkinkan dilakukan dengan adanya beberapa fitur tambahan pengaman meter prabayar.

Ada pencerahan agan-agan semuanya, silahkan diposting dan kita diskusikan....

Anonymous said...

Untuk sampai saat ini Meter Prabayar yg terpasang di Indoneisa tidak ada komunikasi sama sekali, baik komunikasi melalui GPRS, RS485, RF atau yang lainnya. Jadi penggunaan/pengisian pelanggan sama sekali tidak bisa dilihat oleh PLN.
Proteksi ada di pembangkitan token yg kita beli. Pembangkitan Token menggunakan standard IEC yang ditemukan oleh konsorsium tiga perusahaan dari afrika selatan, yang lebih dikenal dg istilah STS (Standard Transfer Specification) kemudian securitynya dikelola oleh badan yang bernama ESCOM sebagai KMC (Key Management Center) yang mengelola semua kunci STS yg digunakan diseluruh dunia, tiap tahun anggota STS akan membayar kurang lebih $5.000 + ini + itu .
STS sudah digunakan sejak 1993 sudah melalui serangkaian gempuran dari berbagai pihak yg ingin menggagalkan Sistem STS. Namun sampai saat ini karena securitynya sangat kuat sehingga belum ada laporan yg dapat mengakalinya, sehingga tiap tahun bertambah banyak saja anggotanya.
Saya sbg pembuat meter ini, kadang heran indonesia yg baru 2005an mulai mengenal STS, tiba2 saja banyak yg ngaku sudah bisa ngejebolnya, tapi faktanya hanya tulis2 doank tp faktanya belum ada yg bisa.
Jujur saja sy sbg pembuat meter saja kalau mau mendapatkan key meter yg sdh di distribusikan ke PLN dan sudah di Keychange Token sama PLN sudah tidak bisa lagi, dan akan sangat kesulitan. Padahal sy tahu betul bagaimana token itu di buat.
Banyak diskusi yg mengkaitkan jebolnya security software dapat disamakan cara kerjanya dengan meter STS, padahal jauh beda sekali cara kerjanya. Mau tahu ? ikuti edisi berikut.
Bersambung........

Eko Prapto Nugroho said...

Terima kasih sekali gan atas informasinya dan pencerahannya.

Mungkin kebanyakan dari kita belum begitu kenal ataupun familiar dengan istilah STS. Jadi boleh dibilang ini merupakan sebuah sistem tertutup dengan security yang demikian kuat dan sulit ditembus karena adanya encryption yang sangat rumit dari sistem tersebut.

Karena kalau tidak salah adanya sistem token ini juga dipakai dan dipercaya oleh perbankan untuk perlindungan transaksi online (Internet Banking).

Siap ditunggu pencerahan episode berikutnya, secara forum ini cukup banyak peminatnya.

Ditunggu sambungannya gan...... Salam.

Hari Maximize said...

wooow.. keren ini diskusinya..
tapi lebih keren lagi..bagaimana kalo kita lebih menggunakan akal kita untuk menemukan sumber energi alternatif???
ide2 nya bisa di lihat disini,,,ato search di google aja.. :D
http://www.alternative-energy-news.info/technology/future-energy/

ceting smart smrtbud said...

ad enak ad ga enak pakai prabayar,,tapi byk ga enak ny....pencerahan gan gimana solusi ny

Erry's Multimedia Partner said...

kalo bisa siapkan Laptop or kompi, colokin tuh antara laptop sama meteran, pake Software apa ke gitu, blom ada teknologi indonesia yang bisa gitu kek Anon di luar negeri,,
wkwkwk
Support deh Anon kan Anti POLITIK apalagi kaya indonesia gini ancur dah

Abi Abdul said...

setau saya cara paling jitu tuk kwh pulsa pasang baru daya 450watt.itu aja cukup.

Abi Abdul said...

menurut ane ga usah pake curi/spanyol(separoh nyolong).pake listrik n a pasang watt yg kecil.daya 450 cukup.

Iwan javanez said...

maaf om, kl menurut sy ini masih kurang rapi karena penyun tikan kabel dilakukan langsung dari kabel PAL kl bisa kita hack system digital nya saja itu lbh aman.. kl pun ada org opal dia ga bisa vonis kita.. kita bisa ber alibi krn itu digital / system error :) maaf kl ada slh om thanks

Anonymous said...

Said@gimana biar dpt pulsa listrik gratis.

FGroup Indonesia said...

menariknih... nanti kita gabungkan saja modul2 na ini ke
materi seminar gimana? :D

invitation is opened

Anonymous said...

Tetep aja harom

Sugeng Wijaya said...

postingan yang menarik banget,,, Tehnik yang mudah ada ngak,, kayak hack mengunakan Tombol angka2 yang ada di dalamnya

Anonymous said...

Kalau PLN yg nyuri pulsa dengan meteran yang terlalu cepat ngitungnya siapa yang bisa ngawasi ya?

Tugino Dwi Kurniawan said...

ikut komen ni...ini menimpa sy.rmah yg sy tempati (rmh ortu) ni gara2 ada oknum yg gak bertanggung jawab,dan sy jg tdk tahu dulunya rumah,dan tiap bulan juga pembayaran normal,ehhh tahu2 dtng P2TL periksa dan langsung naik keplapon ktnya dirmhini curi,,bukti ada relay dan kabel langsung dr kbl pln,,,ujung2nya dipotong alias diputus.sy urus kepln eee dpt bonus denda 26jt......wow fantastis harus jual apa sy tuk bayar itu hehehehe...saran jangan sesekali punya niat curi..mari menyari diri kita masing2 klo kita pakai ya bayar...tankiyu

Anonymous said...

penipu semua..... kagak bisa dicolong tuh meteran pulsa... GOBLOK bin TOLOL... tertipu...

Wujudkan Rumah Impian Anda said...

Wujudkan Rumah Impian
Kunjungi---> http://www.konsultan-arsitektur.com

aidigoto said...

Menurut saya pribadi yang gak begitu tahu tentang sofware dan STS. Pengisian token pulsa listrik tidak akan ter-report sampai ke PLN, yang ter-report adalah pembelian token pulsa nya. Jadi PLN akan cek ID pelanggan mana yang banyak beli token pulsa, mana yang jarang dan mana yang gak pernah, itu pun pengecekan secara random dan sesekali atau bahkan jarang dilakukan (kecuali mungkin ada laporan n ditanggapi sama petugas PLN)

Sedikit saran dari saya, memang sebaiknya kalo nge hack jangan 100%, sebainya 50% dan itu bisa dilakukan tanpa harus membuat jalur baru, cukup di gabungkan saja kabel beban normal dan beban curian (fasa dg fasa, netral dg netral).
Yang artinya itu adalah sistem PARALEL, jadi arus akan mengalir 50% melalui meteran dan 50% tidak melalui meteran.
Saya sendiri ingin mencoba, tapi masih ada satu kebingungan yaitu :

Pada sistem Meteran Pasca Bayar, pada instalasi, kabel Netral digabungkan dengan kabel Ground (sebagai pengaman katanya)
Namun pada sistem Meteran Prabayar, hal tersebut tidak disarankan, karena akan muncul alarm (gambar tangan) dan kata petugas PLN kalo alarm itu muncul akan membuat pulsa listrik lebih boros.

Nah jika dengan sistem bypass seperti diatas, bagaimana pengaman Grounding pada instalasi dalam rumah?
Mungkin ada agan agan yang lebih mengerti hal itu, mohon pencerahannya

Anonymous said...

sial... siapa jg mo di bodohin ma ni tread ?

klo ente pernah belajar kelistrikan , ente tentu tau system kerja dr kontektor.
dr gbr diatas jelas terliat klo dia ngambil beban asli ke kontektor bt system magnet (A1 & A2 )
klo suplay arus terputus jelas magnet kontekor tidak bekerja otomatis saklar tidak nyambung ( putus ) :v

Anonymous said...

cara gampangnya :
1. ketika beli pulsa 20rb cukup..
2. masukkan token sebelum tekan enter pencet bintang
3. kalau gak bisa diraih tekan pagar aja
4. oke ?

Anonymous said...

sorry gan jangan di giring masyarakat kita bahwa teknologi listrik prabayar super canggih anda harus melihat jngan dari sisi teknologi digital nya,lihat lah azas manfaat nya,sangat mrmungkin kan launcing perdana listrik prabayar ini memakan triliunan uang rakyat,sebab sejalan dngan program grazzroot nya pln di 2010 dengan selogan nya satujuta sambungan tiap hari maka meluncur juga listrik prabayar,woowww,program sangat menakjub kan seorang dahlan iskan..ha ha ha...dalam pengawasan ketat saja masih bisa di curi apalagi diberi sebebas bebas sendiri ha ha haa,anda liat tiap bulan merk kwh prabayar,berubah rubah anda sendiri tahu kan yang punya kebijaksanaan tentu sangat punya kepentingan dan dahlan iskan bukan malaikat tanpah dosa....???!!
jadi sekali lagi tanpah menggunakan sofware canggih dan ini itu saya cuma tiga langkah membuat kwh prabayar itu saya aktif kan tanpah token reset nya jadi sorry buat yang merancang kwh prabayar ini cuma proyek mercusuar punya pln,kenapa tidak kembali ke zaman listrik abonemend yg cuma pake pembatas ncb ha ha kembalilah pada hati mu ha ha...jangan,mau cuma jadi pencuri listrik yg gak seberapa,JADILAH KORUPTOR YANG MENGGASAK UANG NEGARA INI DENGAN PROGRAM PROGRAM YG MEMBUAT RAKYAT BODOH......HAAAA HA AHHHHAAAAA.....

Patra Wonogiri said...

nimbrung jg akhirnya......
aku ada temen gan yang pasang meteran UNIK, uniknya meteran itu isinya banyak kwh (mungkin sktar 1jtaan bila di rupiahin ) bisa berkurang normal sampai setengahnya dalam pemakainnya,tapi TERISI OTOMATIS kembali senilai diatas, itu semua buat temanku bikin ga tenang ...cerita ke aku penginnya itu meteran normal aja. ( kata yang pasang >> orang PLN << itu aman tenang aja ) . Berarti memang itu meteran kesimpulannya bisa di mainin. Itu aja gan hanya sekedar informasi aja.

Dhol said...

serem uey diskusinya, tapi banyak info yang didapatkan dari postingan ini. walau berbau ilegal :D

M Mawahib Affandi said...

Klo saya petugas pln dilingkungan bpak saya akan langsung tau... jgan lupa ada jenis meter buat meng akomodasi pencurian gt

Post a Comment

Share

Facebook Twitter Delicious Digg Stumbleupon Favorites More

 

Pengikut

Peta Pengunjung