Selamat Datang Di DUMAY (Dunia Maya). Powered by Blogger.

Saturday, February 18, 2012

Suasana Tenang di Tengah Keramaian Kota Yogyakarta Tercinta

Saturday, February 18, 2012


01.jpg

Kawasan Condong Catur, Depok, Sleman merupakan kawasan yang ramai dan padat. Pengembang perumahan seakan berlomba membangun pemukiman berbagai tipe di kawasan ini. Condong Catur juga menjadi kawasan pendidikan. Banyak perguruan tinggi swasta mempunyai kampus di sini. Penduduk di perkampungan sekitar mencoba mengais rejeki dengan membangun rumahnya menjadi kos-kosan mahasiswa. Fasilitas-fasilitas pendukung seperti warung makan, toko buku, warnet, tempat hiburan maupun warung nongkrong bermunculan sehingga kawasan Condong Catur seakan tidak pernah mati. Setiap hari dari pagi hingga malam kawasan ini selalu ramai, khususnya lalu lalang mahasiswa dan masyarakat yang tinggal di beberapa perumahan di sana.

Tidak jauh dari keriuhan tersebut, tak disangka masih ada satu lokasi yang nyaman, tenang dan sangat kontras dengan suasana di luar sana. Tersembunyi di balik pemukiman penduduk, terhampar satu danau kecil yang bisa menjadi tempat melepas lelah dan menenangkan pikiran. Namanya Embung Tambakboyo, bendungan air yang terletak di Dusun Tambakboyo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Untuk menuju tempat ini, setelah menyusuri ring road utara dari arah perempatan Gejayan, sampai pasar Condong Catur masuk ke utara kurang lebih satu kilometer. Di sana akan ditemui papan penunjuk lokasi.

Embung yang memiliki luas sekitar 8 hektar ini sumber airnya berasal dari sungai Tambak Bayan dan sungai Buntung. Saat ini pemerintah kabupaten Sleman sedang melakukan upaya konservasi lahan sekitar waduk dengan menanami berbagai jenis tanaman, seperti pohon tanjung, mahoni, palem, dan cemara. Untuk masuk ke kawasan ini, dikenai biaya yang cukup murah, yaitu Rp 2.000,- untuk pengendara sepeda motor dan Rp 3.000,- bila membawa mobil. Suasana di sekitar Embung Tambakboyo masih sangat asri didukung hijaunya tumbuhan yang mengelilingi waduk ini. Pengunjung bisa sekedar duduk-duduk di pinggiran danau, atau bila lapar bisa membeli makanan atau minuman di kios yang banyak terdapat di sana.

 
02.jpg

Kawasan wisata air yang memiliki banyak view bagus, cocok untuk penggemar fotografi.
 
Banyak juga ditemui anak-anak muda yang berfoto, baik yang sekedar untuk dipajang di akun media sosial atau mereka yang melakukan proses foto pre-wedding di tempat ini. Jika cuaca cerah, keindahan gunung Merapi bisa terlihat jelas dari sini. Bila datang di sore hari, disarankan untuk mengambil posisi di sisi timur sehingga bisa mengambil gambar embung dengan latar belakang langit sore berwarna jingga yang indah.

Menjelang sore, tempat ini biasa dipenuhi oleh orang-orang yang jogging, bersepeda santai, atau muda-mudi yang ngobrol berduaan bersama pasangannya. Embung Tambakboyo juga dijadikan sebagai tempat wisata air dan pemancingan yang mengasyikkan. Bahkan tidak jarang, kegiatan memancing ini berlanjut hingga larut malam, bahkan pagi. Menurut ibu Sumi, salah seorang pemilik warung di sana, para pemancing tidak hanya warga sekitar namun juga orang-orang yang tinggal jauh dari lokasi ini. Karena sering datang dan menjadi kenal, mereka tidak segan untuk meninggalkan joran dan kail di warung sekitar embung. Sewaktu-waktu ingin memancing mereka tinggal berangkat. Pada hari tertentu, tempat ini dipakai berlatih atlit dayung dan kano. Atlit yang berlatih menjadi salah satu pemandangan yang mengasyikan bagi pengunjung.

Embung Tambakboyo lokasinya mudah dijangkau dari kota, namun memiliki suasana dan keindahan layaknya di daerah luar kota. Tidak salah bila tempat ini menjadi salah satu alternatif berwisata yang mudah dijangkau dan murah. Bila berkunjung ke sana, jangan lupa membawa kamera.

03.jpg

Berlatih kano di sore hari. 


 

 
04.jpg

Banyaknya ikan yang tersedia di embung menjadi surga bagi pemancing. 


 







 
05.jpg




Kecantikan gunung Merapi di pagi hari. 

 






06.jpg


Pagar pembatas yang mengelilingi embung.



07.jpg






Menikmati senja di Tambakboyo.
08.jpg
Semakin malam yang tersisa hanya warna jingga



1comments:

Eko PN said...

Mantap suasananya, nyaman dan asri.

Post a Comment

Share

Facebook Twitter Delicious Digg Stumbleupon Favorites More

 

Pengikut

Peta Pengunjung